Celah Keamanan Jaringan

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling dihubungkan atau saling berhubungan dengan menggunakan sebuah media, baik dengan kabel maupun tanpa kabel sehingga dapat melakukan pemakaian data dan sumber daya secara bersama-sama.
Karena jaringan komputer memakai data dan sumber daya secara bersama-sama, maka jaringan komputer menjadi rentan akan serangan-serangan jaringan. Maka, jaringan komputer harus diamanankan dengan baik.
Ada beberapa macam serangan sistem jaringan komputer. Namun, hanya dua erangan yang akan dibahas pada post ini, yaitu serangan DOS (Denial-of-Service attack), dan SQL Injection.
1. Serangan DOS (Denial-Of-Service attacks)
Serangan DOS merupakan jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan bandwith yang dimiliki oleh server tersebut sampai server tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan tersebut.
2. SQL Injection
SQL Injection merupakan sebuah teknik yang melakukan serangan kepada sebuah celah keamanan yang terjadi dalam program sebuah aplikasi karena tidak dilakukan sanitasi pada masukan pengguna. Celah ini terjadi ketika masukan pengguna tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak bertipe kuat dan karenanya dijalankan tidak sesuai harapan.
Pada era digital ini, berbagai instansi memiliki website yang terhubung dengan jaringan internet. Terdapat berbagai macam instansi di Indonesia yang memiliki website, mulai dari instansi pendidikan, komersial hingga pemerintahan. Berbagai informasi yang terdapat di sana membuat keamanan jaringan sangat penting terutama untuk web instansi pemerintah yang cenderung menyimpan banyak informasi penting. Pada post ini akan dibahas secara khusus celah keamanan pada jaringan web instansi pemerintahan.
KENAPA CELAH KEAMANAN BISA TERJADI ???
Buatan manusia tidak ada yang sempurna,vulnerability/bug terjadi ketika developer melakukan kesalahan logika koding atau menerapkan validasi yang tidak sempurna sehingga aplikasi yang dibuatnya mempunyai celah yang memungkinkan user atau metode dari luar sistem bisa dimasukan kedalam program nya.

Comments

Popular posts from this blog

Keamanan Jaringan dan Pentingnya Keamanan Jaringan

IDS (Intrusion Detection System)

Apa yang Dimaksud dengan Firewall